Kamis, 13 Maret 2014

MERENUNGKAN SIFAT RAHMAN DAN RAHIM.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "

Semua bacaan dalam Al Qur'an selalu dibuka dengan kata " bismillah "  , kecuali surah al- Taubah . Dalam Al Qur'an ini di tegaskan bahwa segala sesuatu berasal dari cinta dan kemurahan Allah SWT. Rasulullah saw tak pernah lupa menyebutkan nama Allah sebelum melakukan apapun dalam kehidupan ini. Beliau mengajarkan pada para sahabatnya dan pengikutnya. 

Allah Maha Rahman dan Maha Rahim berarti kasih sayang Allah sangat besar dan tidak pernah berakhir kepada makhlukNYA. Jika kita memulai segala sesuatunya dengan menyebut nama Allah Yang Maha Kasih lagi Maha Penyayang , kita akan selalu ingat dengan sifat sifat Allah ini , yang nantinya akan menumbuhkan kepercayaan , bahwa seluruh alam semesta merupakan wujud dari kasih sayangNYA. Semua kebutuhan hidup telah tersedia dengan porsi yang sempurna. Kita hidup di dunia ini dengan aman dan terlindungi , kita selalu di kasihi Allah dalam keadaan apapun. 

Tantangan dan permasalahan hidup , pasti kita alami  , penderitaan , kesedihan , kecewa dll kita tidak dapat menyangkalnya. Namun yang lebih penting , yakni bahwa keyakinan kita merupakan kekuatan besar untuk mendorong kita meraih kehidupan yang lebih baik. Ada banyak cara untuk melihat sudut pandang kenyataan atau pengalaman. Cara pandang kita akan mempengaruhi keputusan yang kita buat. Bagaimana orang lain bereaksi terhadap kita , dan apa yang akan terjadi dalam kehidupan di kita di masa depan. 

Cara pandang itu akan mengantarkan kita pada dua ujung jalan yang berbeda. Jika kita meyakini masa lalu sebagai suatu musibah yang menyakitkan maka seperti itu pulalah masa depan yang akan kita alami. Keyakinan itu akan mendorong kita mengalami musibah musibah lainnya. 

Tapi sebaliknya , jika kita meyakini akan rahmat dan kasih sayang Allah , maka kita akan terdorong untuk mencari dan mengenali kebaikan dan kemurahanNYA pada apapun yang kita alami , baik itu kebahagiaan maupun kesedihan. Kita akan terus berusaha melakukan kebaikan serta mengasihi diri kita dan orang lain. Dan selanjutnya , kita akan memandang masa depan dengan optimis dan penuh percaya diri. 

Sangat penting untuk memiliki keyakinan bahwa kehidupan ini baik  keyakinan ini tidak muncul begitu saja. Kita harus banyak belajar , memusatkan perhatian dan berupaya sepenuh hati agar memiliki pandangan positif terhadap kehidupan ini. Salah satu cara agar kita memiliki pandangan yang baik terhadap kehidupan ini adalah merenungkan serta meneladani sifat sifat Rahman dan Rahim dari Allah SWT. Luangkanlah beberapa saat untuk merenung. Pikirkanlah betapa Allah SWT sangat mencintai kita dan terus menunjukan keperdulianNYA. 

Ingat nikmat dan karunia yang Allah SWT sediakan untuk kita di dunia ini. Allah SWT menyediakan udara , air dan matahari , menyediakan tumbuhan dan hewan  yang menjadi sumber kehidupan kita. Banyak lagi nikmat dan kesenangan yang telah Allah berikan pada kita , hembusan angin pada saat kita merasa kepanasan , keindahan alam dengan di hiasi bunga bunga , pepohonan yang hijau serta aneka keindahan dan kebaikan lainnya yang semuanya menunjukan keagungan dan kasih sayang Allah SWT. 

Pada saat kita terus merenungkan kemurahan Allah SWT dan semua kebaikan dalam kehidupan yang kita alami , pasti perasaan di cintai dan di kasihi semangkin kuat tertanam di dalam hati. Kita harus terbiasa mengingat segala kebaikanNYA , karena akan membuat kita percaya diri dan yakin bahwa masa depan akan lebih baik . Rasa syukur akan senantiasa menghiasi hati. Dan keimanan terhadap kemurahan dan kemuliaan Allah SWT akan tumbuh semangkin kuat. 

Semangkin kita sering merenungkan betapa Allah sangat mencintai kita , semangkin terbuka hati kita 
untuk menyerap cinta NYA. Dan jika hati kita telah di penuhi rasa cinta kepada Allah SWT , pasti kita tidak akan lagi merasa sakit apalagi menderita dalam keadaan apapun. Kita akan menghadapi kesulitan dengan hati yang tenang dan penuh keyakinan kepada Allah SWT. Selamanya jiwa kita akan tenang dan bahagia. Tidak hanya itu , dengan keyakinan terhadap segala kebaikan Allah SWT hati kitapun akan senantiasa berprasangka baik kepada orang lain. 

Membiasakan diri mengucapkan " Basmalah " sebelum melakukan apapun merupakan upaya yang sangat penting untuk terus mengingat kasih sayang dan kemurahan Allah SWT. Karena dengan mengucapkan " basmalah " hati dan jiwa kita akan di liputi perasaan tenang dan nyaman karena yakin dengan kemurahanNYA. Dengan cara seperti ini kita akan merasakan kehadiran Allah kapanpun , dimanapun kita berada. Seperti kita meneladani Rasulullah saw , yang selalu memulai segala sesuatu dengan " bismillah "  mengingat kemurahan dan cinta Allah SWT. 

Jadi , jika kita akan menghadapi atau melakukan apapun dengan penuh cinta. Kita akan melihat 
apapun peran yang kita perankan  di dunia ini adalah pemberian Allah SWT dan ini merupakan sarana untuk menyalurkan cinta Allah SWT kepada dunia. Kita akan mencintai orang lain karena yakin bahwa diri kitapun dicintai dan di kasihi. Kita memberi dan berbagi dengan orang lain karena kitapun mendapatkan nikmat dan kebaikan yang tak terkira dari Allah SWT. 

Pamulang 
NONI









Tidak ada komentar:

Posting Komentar