Sabtu, 23 Juni 2012

** BERBAIK SANGKA KEPADA ALLAH SWT **

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "

Definisi kebahagiaan setiap manusia berbeda beda. Sama juga dengan musibah terdiri Dari macam macam jenisnya Dan tingkatannya. Definisi kebahagian adalah relatif bagi masing masing orang. Setiap orang memiliki berbagai anggapan yang berbeda beda mengenenai kebahagiaan. Semuanya tergantung dari situasi diri dan kebutuhan.  Sedangkan pengertian sederhana dari musibah adalah " sesuatu hal yang tidak mengenakan hati , membuat sedih dan kadang membuat putus asa ".

 Ini sesuai dengan Firman Allah SWT :

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

  " Dan sesungguhnya akan Kami berikan cobaan kepadamu , dengan sedikit ketakutan , Kelaparan , kekurangan harta , jiwa Dan buah buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang orang yang sabar ". (QS. Al Baqarah: 155). 

Dalam firman di atas juga di singgung kata " sedikit " . Karena semua musibah yang di berikan Allah SWT kepada manusia hanyalah sedikit saja , karena Allah SWT tahu bahwa manusia tidak akan mampu menanggung beban yang berat dalam kehidupan di dunia ini.

 Sesuai dengan firman Allah SWT :
الَّذِي جَعَلَ لَكُمُ الْأَرْضَ فِرَاشًا وَالسَّمَاءَ بِنَاءً وَأَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ ۖ فَلَا تَجْعَلُوا لِلَّهِ أَنْدَادًا وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ

  " tidak ada satupun bencana pun yang menimpa di bumi dan ( tidak pula ) pada dirimu  sendiri , melainkan sudah tertulis dalam kitabNYA ( Lahul Mahfuz ) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu mudah bagi Allah ". ( QS. Al Hadid : 22 ). 

Jika memang musibah itu datangnya Dari Allah , lalu untuk apa sebenarnya Allah SWT memberikan semua cobaan ini ....?  Lihatlah firman Allah SWT berikut ini : 
لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍ
" sungguh , akan kamu jalani tingkat demi tingkat ( dalam kehidupan ) ". ( QS. Al  Insyiqaq : 19 ). 

 Sesungguhnya di balik semua musibah dan kesedihan yang di berikan Allah kepada manusia , tersimpan suatu hikmah dan rahmat yang besar yang kadang tidak di sadari oleh manusia itu sendiri.  Ada beberapa hikmah di dalam cobaan dari Allah di antaranya : - untuk memberikan pahala Dan rahmat yang besar untuk orang orang yang ridho.  - untuk mengubah hati yang sombong Dan suka takabur dalam menghadapi kehidupan.  - untuk mengingatkan manusia Akan kesalahan kesalahan Dan dosa yang telah dilakukan Di dalam Al Qur'an banyak sekali ayat ayat yang menyebutkan bahwa kehidupan ini sebenarnya hanyalah ujian atau cobaan semata. Seperti tertuang dalam firman Allah berikut ini ;

وَاعْلَمُوا أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللَّهَ عِنْدَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ
 " Dan ketahuilah , bahwa hartamu dan anak anakmu itu hanyalah sebagai ujian , Dan sesungguhnya di sisi Allah pahala yang besar ". ( QS. Al Anfaal 28 ).

Jika seseorang di berikan oleh Allah SWT harta yang berlimpah , kemewahan Dan sebagainya  . Apakah dia bisa memanfaatkan segala yang di berikan Allah SWT untuk hal hal yang baik ? Apakah dia bisa , tidak melupakan Allah SWT sebagai zat yang Maha Pemberi Kebaikan ....? Sudahkah dia membelanjakan hartanya di jalan Allah ....?

 Banyak sekali manusia di dunia ini yang begitu sombong , yang merasa bahwa semua kelebihan yang dia miliki karena hasil kerjanya sendiri , padahal semua ini datangnya dari Sang Maha Pemberi . Semua ini  adalah pemberian sekaligus ujian dari Allah.  Musibah itu juga berupa kekurangan , kemiskinan , kehilangan salah satu orang yang di kasihi , kehilangan harta Dan banyak lagi. Jalanilah semua musibah ini dengan sebaik mungkin . Jika kita mampu melewati semua musibah ini dengan
baik , ridho dengan segala pemberianNYA , tidak melupakan Allah , tidak mengeluh , dan yakin bahwa setiap nikmat Allah Dan ujian Allah semuanya baik.

 Jika kita mampu melewati semua musibah ini dengan baik , itu tandanya kita telah lulus ujian dari Allah SWT Dan derajat kita sudah di naikkan.  Kematangan dirinya Akan bertambah . Allah sengaja memutar roda kehidupan ini , sesorang yang telah ada diatas dengan segala kenikmatan akan di putar hingga berada di bawah  . Allah tidak bermaksud untuk menjatuhkan manusia itu , tapi hanya untuk mengobati hatinya yang mulai sombong  , takabur , agar menyadari bahwa semua yang di miliknya itu sebenarnya datang dari Allah SWT dan milik Allah SWT. Semua yang di milikinya itu hanya bersifat sementara.

 Sebenarnya Allah ingin memperbaiki diri kita , ingin melindungi hati kita agar selalu terhindar dari penyakit hati , sombong dan takabur. Jika Allah SWT memberikan kita peringatan , itu tandanya Allah masih perduli pada kita . Setiap kejadian yang menimpa kita baik itu kebaikan ataupun
musibah bukanlah sesuatu yang sia sia  . Semua kebaikan atau musibah itu pasti ada hikmahnya  Allah SWT menginginkan kita berubah Dan kembali ke jalanNYA yang lurus , jalan yang di ridhoiNYA.                                        """""""""""""""""""""""""""""""""""""""""" Timika 21 juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar