Senin, 17 Februari 2014

SURGA ALLAH SWT


 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "

Segala puji bagi Allah yang telah menciptakan surga sebagai tempat tinggal orang orang yang beriman , dan memberikan kemudahan bagi mereka yang beramal sholeh yang mengarah kesana. Dengan mengesampingkan kesibukan selain mengharapkan surga , mereka dengan akan di mudahkan oleh Allah untuk menelusuri jalan ke arahnya .

Surga di ciptakan untuk mereka sebelum mereka di ciptakan . Mereka di janjikan tinggal di sana sebelum mereka di lahirkan. Tidak ada kesedihan di dalam surga. Karena itu mereka calon calon penghuni di uji , untuk menentukan siapa yang paling bagus amal perbuatannya dan berhak mendapatkan surga.

Allah SWT telah menjanjikan kepada kaum beriman bahwa mereka akan memasukinya . Allah SWT mengibaratkan masa hidup di dunia fana sangat sebentar di bandingkan masa hidup di surga . Di sana di sediakan segala hal yang tak pernah di lihat mata , tak sempat di dengar telinga , dan sama sekali tak terbersit di dalam hati.

Tapi Allah SWT menjelaskan keadaan surga bagi calon penghuninya dengan bahasa bahasa indrawi , meskipun pada kenyataannya surga itu melampaui semua ungkapan bahasa . Allah memberi khabar gembira melalui lisan para RasulNYA. Khabar gembira itu di sempurnakan lagi dengan berita bahwa mereka akan kekal di dalamnya tanpa kekurangan apapun.

Allah SWT menciptakan para RasulNYA tidak sia sia. Justru mereka diciptakan untuk melaksanakan perintah penting. Allah menyediakan ajaran ajaran agung dan membangun tempat tempat mulia bagi orang orang yang mau mendengarkan seruanNYA dan tidak menyekutukanNYA dengan apapun. Tempat itu di peruntukan bagi orang orang yang menerima dengan positif seruanNYA , tanpa penentangan dan tanpa harapan kepada selain Allah SWT.

Allah SWT memudahkan hamba hambaNYA dalam beramal. DIA singkirkan segala sesuatu yang dapat menggelincirkan mereka , dan menganugerahkan berbagai nikmat. DIA tetapka diriNYA sebagai Yang Maha Kasih. DIA nyatakan kasih sayangNYA lebih besar dari murkaNYA . DIA mengajak hambaNYA untuk memasuki surgaNYA.

Namun Allah hanya mengkhususkan petunjuk bagi orang yang mengharapkan kenikmatan dan ke utamaan dariNYA. Ini adalah sebuah keadilan dan kebijaksanaanNYA. Ganjaran itu merupakan karunia yang di berikan kepada orang orang tertentu.

Aku bersaksi , tiada Tuhan selain Allah SWT , tidak ada sekutu bagiNYA. Sungguh tidak ada sedikitpun karunia dan rahmat yang dapat di raih , dan tidak ada hal yang dapat mencapai surga dan menjauhkan diri dari neraka , kecuali dengan maaf dan ampunanNYA.

Dan akupun bersaksi , bahwa Muhammad saw adalah RasulNYA. Aku percaya pada wahyu dan kebaikan yang di perlihatkannya.

Rasulullah di utus oleh Allah untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam ini  suri tauladan bagi manusia , penuntun pencari jalan jalan kebenaran , dan bukti kekuasaan Allah di hadapan seluruh hambaNYA. Beliau di pilih untuk mengajak iman , membimbing ke jalan surgaNYA. Memberi contoh akhlak mulia , membacakan kitab suciNYA , berdaya upaya mendapatkan ridhoNYA , mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

Beliau menahan pintu surga , yang tak akan terbuka kecuali melalui jalan yang beliau tunjukan. Siapapun orangnya yang berusaha masuk surga tak akan dapat memasukinya selain ikut berada di belakang Rasululllah saw dan mengikuti jalan yang di tunjukan beliau.

Rasulullah saw menyeru kepada Allah dan surgaNYA secara diam diam maupun terang terangan . Beliau dengungkan seruan itu ke telinga umat sepanjang siang dan malam. Beliau menerangi bumi yang gelap ini dengan cahaya risalah. Beliau satukan hati manusia yang tercerai berai. Semua orang baikpun mendapakan hidayahNYA.

Allah menyempurnakan agamaNYA , memenuhi segala nikmat dan menyebarkan ajaran islam sebagai rahmat semesta alam. Rasulullah saw terus menyampaikan risalahNYA , menasehati semua umat manusia , dan berjihad di jalan Allah dengan sebenar benarnya jihad.

Allah SWT beserta malaikat , para nabi dan para Rasul serta hamba hambaNYA mengucapkan sholawat kepada Rasulullah saw. Allah menyatukan sholawat kepadanya dengan kalimat tauhid , menjadikan sholawat sebagai ibadah , sebagaiman yang kita ketahui dan kita berdoa dengannya.

Sesungguhnya Allah SWT sama sekali tidak menciptakan sesuatu menjadi sia sia  ciptaanNYA tak di biarkan ada begitu saja. Semua di ciptakan untuk tujuan mulia dan maksud yang agung. DIA ciptakan seluruh semesta alam ini dengan penuh perhatian.

Sementara itu , ada orang dengan segala kelemahannya memiliki beban berat , karena kezalimannya dan kebodohannya. Dia letakan di atas punggungnya segala hal yang dia pikul. Dia temani dunia laksana hewan yang tak tahu siapa penciptanya dan apa hak penciptannya. Diapun tak tahu apa tujuan datang dan perginya ke dunia yang tak lebih dari persinggahan ke negeri abadi ini. Dia tidak menyadari keterbatasan keberadaannya di dunia fana ini. Cepat atau lambat dia akan segera pergi menuju ke dunia yang kekal abadi.

Mereka telah di setir oleh tipuan indrawi , mereka di permainkan oleh pemikirannya sendiri. Mereka bergelimang kelalaian. Mereka di tipu oleh harapan palsu. Hati merekapun terperangkap dalam amal yang buruk. Yang di pahami hanya kenikmatan duniawi. Selalu berpikir bagaimana memenuhi hawa nafsunya. Di manapun tempatnya berada , dia akan segera menerkam. Ketika hal hal yang bersifat ukhrawi , dia akan segera mengejar yang diniawi. Ketika hal hal ukhrawi di sodorkan padanya , dia akan malas untuk turut campur dalam menggapai pahala dan ridho Allah SWT.


يَعْلَمُونَظَاهِرًامِّنَالْحَيَاةِالدُّنْيَاوَهُمْ عَنِالْآخِرَةِهُمْ غَافِلُونَ

"mereka hanya mengetahui yang lahir saja dari kehidupan dunia , sedang mereka tentang ( kehidupan ) akherat adalah lalai ". QS. Ar - Rum : 17.

Alangkah mengherankannya orang orang yang melalaikan Allah SWT walau hanya sekejap. Setiap hembusan nafasnya jadi tidak berharga. Jika dia pergi , dia tidak akan kembali kepadaNYA. Malam malamnya berlalu tanpa arti. Dia tidak berpikir kemanakah tujuannya , mau ke surga atau neraka ???

Pada saat ajal menjemput , dia gelisah , karena dirinya kacau dan ketidak tahuan jati dirinya , karena keburukan amalnya atau kelalaiannya selama ini. Ketika duka nestapa menimpa dirinya , dia hanya dapat bersandar pada maaf Allah SWT. Dia tahu bahwa Allah SWT Maha Pengampun dan penuh Kasih. Namun dia tidak sadar bahwa Allah SWT pun mampu memberikan siksa yang teramat pedih.

Banyak orang orang yang juga mengetahui maksud keterciptaan mereka , mereka malah mengangkat kepala , dan menyombongkan diri. Ketika mereka tahu surga telah menanti , mereka memalingkan muka. Waktu mereka sadar jalan lurus telah di pertegas untuk mereka , mereka malas meluruskan jalan ke sana.

Mereka menganggap bodoh semua transaksi yang tak terlihat mata , yang tak terdengar telinga , dan yang tak terbersit di hati. Transaksi masa depan abadi yang tak menghasilkan apapun di kehidupan ini di anggap sia sia. Transaksi ukhrawi ibarat mimpi yang menyusahkan.

Alangkah mengherankannya orang bodoh yang berlagak bijak  seolah olah dia berakal cemerlang. Padahal jalan hidup yang di susurinya hanya jejak hidup fana yang menggantikan hidup abadi. Dia ganti surga yang Allah SWT janjikan , yang seluas langit dan bumi , dengan penjara sempit yang penuh bencana. Dia tukar tempat indah yang di aliri sungai sungai jernih dengan neraka.

Orang orang bodoh ini baru akan mengetahui hakikat transaksi ukhrawi ini di hari kiamat  mereka akan merugi dan menyesal di hari itu. Orang orang yang bertakwa berkerumun di sekitar Zat Yang Maha Pengasih. Sementara para pendosa di giring ke neraka jahanam.

 Keutamaan , kehormatan dan kenikmatan di simpan hanya untuk orang orang yang taat. Mereka meraih kenikmatan abadi di samping Zat Yang Maha Besar dan Maha tinggi. Merek berkumpul di taman taman surga , bersama keluarga duduk di kasur kasur indah.

طَافُ عَلَيْهِم بِصِحَافٍ مِّن ذَهَبٍ وَأَكْوَابٍ وَفِيهَا مَا تَشْتَهِيهِ الْأَنفُسُ وَتَلَذُّ الْأَعْيُنُ وَأَنتُمْ فِيهَا خَالِ

" kepada mereka di edarkan piring piring dan gelas gelas dari emas dan di dalam surga itu terdapat apa yang di ingini oleh hati dan segala yang sedap ( dipandang ) mata. Dan kamu kekal di dalamnya " ( QS. Az-Zukhruf : 71 ).


Pamulamg 17 februari 2014
Noni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar