Minggu, 29 Juli 2012

NASEHAT IBNUL QAYYIM

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "

* PENYAKIT DAN OBATNYA *  Ibnul Qayyim ra mengatakan , " sesungguhnya dalam hati terdapat sebuah sobekan yang tidak dapat di jahit kecuali dengan menghadap penuh kepada Allah SWT. Di dalamnya juga ada sebuah keterasingan yang tak mampu di obati , kecuali dengan menyendiri bersama Allah. Di dalam hati juga ada sebuah kesedihan yang tidak akan mampu di seka kecuali oleh kebahagiaan yang tumbuh karena mengenal Allah dan ketulusan berinteraksi dengan Nya. Di dalam hati juga terdapat sebuah kegelisahan yang tidak mampu di tenangkan kecuali berhimpun karena Allah dan pergi meninggalkan kegelisahan itu menuju Allah. Di dalam hati , juga terdapat gejolak api yang tidak mampu di padamkan kecuali oleh ke ridhoan akan perintah , larangan dan keputusan Allah , yang di iringi dengan ketabahan dan kesabaran sampai tiba saat perjumpaan denganNya.  *****Di dalam hati ada sobekan , keterasingan , kesedihan , kegelisahan , dan gejolak api , ada beragam penyakit yang obatnya tak lain adalah " mengenal Allah ". 

  * PANCARAN HATI *  Ibnul Qayyim ra mengatakan , " ketika orang lain bergantung pada dunia , gantungkanlah dirimu hanya kepada Allah. Ketika orang lain merasa gembira dengan dunia , jadikanlah dirimu gembira karena Allah. Ketika orang lain merasa bahagia dengan kekasih kekasih mereka , jadikan dirimu merasa bahagia dengan Allah. Dan ketika orang orang pergi menghadap raja raja dan pembesar pembesar mereka untuk mengais harta dan mencintai mereka , jadikan dirimu betul betul mencinta Allah.  ***** setiap hati kita mampu menangkap makna makna ini dengan baik , setiap kali hati kita akan bersinar cerah jiwa dan batin.  * PERINDU SURGA *  Ibnul Qayyim mengatakan , " jangan pernah putus asa untuk teguh menunggui gerbang meski engkau terusir. Jangan pernah berhenti untuk memohon ampunan meski engkau tertolak. Begitu pintu gerbang terbuka , segeralah masuk selayaknya seorang tamu tak di undang. Kemudian tengadahkan tangan mu di gerbang segeralah berkata ' tolonglah , saya adalah orang miskin. Bersedekahlah untuk saya ....!!  ' ". 

** jangan pernah putus asa menunggui gerbang meskipun kita terusir. Kita ingin menangis ketika sholat tapi tidak bisa , kita ingin meraih kekhusyukan tapi tidak tau bagaimana caranya. Jangan pernah berhenti dan berputus asa.  ** jangan pernah berhenti untuk memohon ampunan meskipun kita terolak. Kita berbuat maksiat lalu bertaubat dan mohon ampunan, tapi kemudian kembali melakukannya. Saat begitu , jangan pernah berhenti untuk memohon ampunan.  ** Dan begitu pintu gerbang terbuka , segeralah masuk selayaknya tamu tak di undang. Ada pengajian di masjid , pergilah bersama jamaah , teruslah bersama orang orang yang rajin membaca dan merenungi Al-Quran.  Saudaraku tercinta , siapkan diri untuk meraih nilai nilai ini. Tempatkan dan hormati ke khusyukan sebagaimana mestinya. Bersujud memohon kepada Allah agar kemanisan rasa khusyu ini tidak pernah akan berakhir.                                  """""""""""""""""""""""""""""""""""""""""" Pamulang 29 juli 2012 ( noni ).

1 komentar: