Sabtu, 28 Juli 2012

SETAN SANG PENGGODA IMAN

                بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

" Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang "

       Allah SWT menciptakan banyak makhluk , antara lain menciptakan makhluk yang hanya dapat taat kepadaNya , yakni malaikat. Ada juga yang tidak dapat taat ( setan ) atau tidak juga durhaka seperti benda mati , tumbuhan , dan hewan. Dan jenis yang berpotensi taat atau durhaka yaitu Jin dan manusia. Semua ini berpangkal pada pandangan tentang kekuasaan dan kesempurnaan Allah SWT dalam menciptakan aneka makhluk.  Dengan adanya setan dan iblis , maka manusia berjuang menghadapi musuh Allah dan musuh manusia itu dengan demikian manusia dapat meraih kedudukan kedudukan yang lebih tinggi di sisi Allah SWT. Dengan adanya setan dan iblis , manusia memanjatkan doa permohonan perlindungan kepada Allah. Kita harus berlindung kepada Allah dari bisikan setan dan fitnah setan dalam aksinya menghiasi keburukan.  Kita harus meletakkan kening kita di tanah untuk menghancurkan ketertipuan kita . Karena jarak terdekat seorang hamba dengan Allah SWT adalah ketika ia bersujud ... " ya .. Allah , kami berlindung dari keagunganMu kepada kasih sayang dan keindahanMu ". Masuklah kita kedalam perlindungan Allah SWT.

  Setan menguasai kita tatkala kita sendirian. Setan lebih berpeluang menggoda orang orang yang tidak melakukan aktifitas keagamaan dan tidak memiliki perhatian dakwah menuju Allah SWT. Karena setan sering memanfaatkan kekosongan kita dalam beraktifitas dengan menghembuskan bisikan kedalam dada , membuat keburukan tampak indah dalam pandangan mata kita , serta mendorong kita untuk berbuat dosa , maka dari itu kita harus sibuk dengan berbagai kebaikan , berusaha menutup kekosongan kita , kita harus senantiasa berpikir dan bekerja sehingga kita tidak memberi setan peluang untuk menggoda diri kita.  Setan tidak menemukan jalan untuk menyampaikan bisikan kepada mereka yang menjalin hubungan dengan Allah. Setan tidak akan bisa memasukan hawa nafsu dan bisikannya kepada orang yang menjadikan dakwah dan pembelaan agama yang terang ini sebagai sasaran dan tujuan. Tangan setan tidak akan sampai menyentuh hati tentram yang di penuhi Iman.

 Jika kita mempunyai hubungan yang kuat dengan Allah SWT , Dia tidak akan membiarkan kita terjerumus dalam kekuatan setan yang merupakan musuhNya dan musuh kita juga. Mungkinkah jika kita taat dan setia kepada Allah , Dia tidak akan setia dan menolong kita ??? Dia Maha setia , maka Dia tidak akan membiarkan kita sendirian berteman hawa nafsu kita. " penuhilah janji kalian kepadaKu , niscaya aku memenuhi janjiKu  kepada kalian ". ( QS. Al- Baqarah (2) : 40 ).

 Jadi mungkinkah setan menguasai kita saat kita berpegang kepadaNya dan melakukan segala sesuatu karenaNya ? Itu sangatlah tidak mungkin. Paling tidak dalam kondisi demikian setidakNya Allah akan meletakan satu atau dua ayat dalam lisan kita serta akan mengembalikan kita pada diri kita ingat dan menjauh dari jurang yang dalam yang setan sediakan untuk kita.  Ada waktu waktunya saat penglihatan kita kabur karena kondisi kita sebagai manusia , tetapi Allah Sang Maha Kasih segera memperlihatkan petunjuk dan kekuasaanNya serta mengarahkan kembali perhatian kita kepada akherat.

 Seandainya setiap orang yang bergelut dalam bidang dakwah memperhatikan kehidupannya secara cermat , ia pasti melihat bagaimana dirinya berkali kali telah mendekati jurang karena menggunakan kehendak secara buruk atau akibat dosa , Allah akan mengulurkan bantuan Nya dan menyelamatkanNya. Sesuai dengan kadar keikhlasan dan ketulusannya , ia akan melihat bantuan dan karunia Allah SWT.  Allah menciptakan manusia dengan fitrahnya yang cenderung berkumpul bersama manusia lainnya. Manusia pasti membutuhkan masyarakat baik secara moral maupun materi. Dalam pergaulan , kita harus berkumpul dengan teman teman yang baik , sebab teman yang tulus senantiasa membuat kalbu kita tetap hidup dengan nasehat nasehat yang baik , dan membangkitkan semangat. Kita berharap benteng persahabatan bisa mencegah masuknya setan dalam hati kita.  Kita harus senantiasa memperhatikan nasehat nasehat yang bisa menentramkan hati. Nasehat nasehat yang mengingatkan kita kepada akherat dan alam lain serta membangkitkan perasaan cinta dan rindu kepada Allah. Nasehat dengan pengertian tersebut adalah " agama ".

Sungguh sangat indah jika setiap hari kita bisa membaca beberapa halaman tentang kisah para sahabat , para tabiin ( pengikut ajaran nabi Muhammad saw yang merupakan generasi kedua dari jamaah muslimin setelah generasi para sahabat Rasulullah ) yang hidup bersama Rasulullah pemilik hati dan ruh yang hakiki. " mereka adalah Muslim dan kita juga Muslim. Mengapa mereka bisa seperti itu dan mengapa kita seperti ini ?". Dengan mengevaluasi dan instropeksi diri semacam itu kita bisa memperbarui diri kita. Kita sangat membutuhkan pembaruan Iman sebagaimana kita membutuhkan makanan , minuman dan udara. Kitapun menjadi jauh dari bisikan setan.  Menghadiri majelis seseorang yang dapat membangkitkan ke khusyukan dalam hati kita , meminta nasehat darinya , serta mengingat rasull saw dan para sahabatnya merupakan sesuatu kekuatan yang dapat membantu kita untuk tetap kokoh. Hal ini juga bisa di dapat baik lewat mendengarkan seseorang membaca Al-Qur'an , atau membaca tafsir. Doa yang kita panjatkan kepada Allah agar Dia melindungi kita dari keburukan diri kita dan kejahatan setan , harus menjadi bagian dari doa dan munajt kita agar kita selalu berada dalam pertolongan dan perlindunganNya.

  Ya... Allah , ingatlah ( bantulah ) aku , ingatkan aku , limpahkan taubat kepadaku , ampuni aku dengan ampunan yang membuatku melupakan segala sesuatu selain Mu . Berikan aku ketaqwaan kepadaMu . Jadikan aku termasuk orang yang mencintai dan takut kepadaMu. Berikan untukku jalan keluar dari setiap kerisauan , kesulitan , ketentuan , dan urusan. Amin ya rabbal alamin.                      """""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""""" 28 juli 2012 ( noni ) . Ini merupakan jawaban dari pertanyaan ananda Risma Suryani Arleza semoga bermanfaat. Insyaallah.

1 komentar: